Membuat Kopi Susu Kental Manis – Kios Mesin Coffee Maker di Putri Hijau, Bengkulu Utara

Membuat Kopi Susu Kental Manis – Kios Mesin Coffee Maker di Putri Hijau, Bengkulu Utara


Membuat Kopi Susu Kental Manis – Kios Mesin Coffee Maker di Putri Hijau, Bengkulu Utara - Kendati makin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, tetapi gak sedikit juga yang nyatanya masih tak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimpel itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, mulai kelasnya, kawasan penanamannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, biar pun berjenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja contohnya, menyandang aroma dan flavour yang berbeda.

Kopi tu sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di Indonesia serta dipakai di sebagian besar coffee shop.

Tetapi, apakah kamu semua telah paham karakteristik dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai rupa batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit tetapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi juga semestinya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terpenting bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tidak heran nilainya juga lebih mahal ketimbang tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Indonesia adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai timbul yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Membuat Kopi Susu Kental Manis – Kios Mesin Coffee Maker di Putri Hijau, Bengkulu Utara


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi kini di berbagai belahan bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa istimewa, berlainan di tiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 meter MDPL dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta kebal hama.

Adapun ciri khusus paling eksplisit adalah taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, maka bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Sebagian daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, juga sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah mengenal dan merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya makin ramai kedai kopi yang menyuguhkan berbagai variasi kopi Arabika.
Walaupun begitu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi informasi dalam website Membuat Kopi Susu Kental Manis – Kios Mesin Coffee Maker di Putri Hijau, Bengkulu Utara, moga-moga ada gunanya.

0 comments