Membuat Kopi Susu Sederhana – Toko Mesin Pembuat Kopi di Ponjong, Gunung Kidul

Membuat Kopi Susu Sederhana – Toko Mesin Pembuat Kopi di Ponjong, Gunung Kidul


Membuat Kopi Susu Sederhana – Toko Mesin Pembuat Kopi di Ponjong, Gunung Kidul - Biar kian berlimpah penikmat kopi yang menandai berbagai tipe kopi, tapi tak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengerti perbedaan kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimple itu, akan tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan penuh perihal, mulai dari kelasnya, lokasi penanamannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Karena itu, walau pun dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo dan Toraja contohnya, mempunyai aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Kopi sendiri menyandang jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang terdapat di tanah air serta digunakan di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah kamu semua telah tahu karakter dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki bentuk bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tapi memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi pun sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tak heran kualitasnya pula lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Tanah Air adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Membuat Kopi Susu Sederhana – Toko Mesin Pembuat Kopi di Ponjong, Gunung Kidul


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi saat ini di bermacam bagian bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa yang spesial, berbeda di tiap-tiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 M MDPL dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta tahan penyakit.

Adapun ciri khas paling eksplisit adalah peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, namun sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, juga beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah mengenal dan merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai kafe yang menyajikan beraneka varian kopi Arabika.
Walaupun begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah membaca artikel dalam web Membuat Kopi Susu Sederhana – Toko Mesin Pembuat Kopi di Ponjong, Gunung Kidul, semoga ada manfaatnya.

0 comments