Membuat Kopi Tubruk – Penjual Mesin Coffee Maker di Gebog, Kudus

Membuat Kopi Tubruk – Penjual Mesin Coffee Maker di Gebog, Kudus


Membuat Kopi Tubruk – Penjual Mesin Coffee Maker di Gebog, Kudus - Meski semakin ramai penikmat kopi yang mengenali bermacam tipe kopi, namun gak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesederhana itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai dari kelasnya, daerah peraniannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, walaupun dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo dengan Toraja Sulsel contohnya, menyandang aroma dan flavour yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang terdapat di tanah air dan dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Tapi, apakah kamu semua pernah mengerti kekhasan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai struktur butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan pun hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang hama karat daun terpenting apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran harganya pun jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Nusantara adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Membuat Kopi Tubruk – Penjual Mesin Coffee Maker di Gebog, Kudus


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi masa ini di bermacam belahan dunia, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa khas, berlainan di tiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta kebal hama.

Adapun ciri khas paling gamblang yakni tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang enak, namun sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam satu tahun, perihal ini karna ditanam di suhu rendah, maka bisa cepat panen" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, pula beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah mengetahui serta merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak kafe yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabika.
Meski demikian, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi artikel dalam web Membuat Kopi Tubruk – Penjual Mesin Coffee Maker di Gebog, Kudus, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments