Meracik Kopi Hitam Yang Enak – Kios Coffee Maker Di Lontar

Meracik Kopi Hitam Yang Enak – Kios Coffee Maker Di Lontar


Meracik Kopi Hitam Yang Enak – Kios Coffee Maker Di Lontar - Walaupun semakin banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang ternyata masih tak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimpel itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, mulai dari kelasnya, daerah ditanamna, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, biar pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma serta cita rasa yang berbeda.

Biji kopi sendiri mempunyai jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di tanah air serta dipakai di beberapa warkop.

Tapi, apakah kalian semua sudah tahu keunikan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki tatanan butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit akan tetapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang harum seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tak heran harganya juga jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Nusantara yakni Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Meracik Kopi Hitam Yang Enak – Kios Coffee Maker Di Lontar


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi masa ini di beragam bagian dunia, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa istimewa, berbeda di setiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta tahan hama & penyakit.

Adapun keunikan setidaknya mencolok yaitu tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam setahun, perihal ini karena ditanam di hawa yang rendah, maka bisa cepat panen" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Indonesia yakni Lampung, pula sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah mengenal serta merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai kafe yang menyajikan beraneka varian kopi Arabica.
Kendati begitu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi artikel di web Meracik Kopi Hitam Yang Enak – Kios Coffee Maker Di Lontar, moga-moga bermakna.

0 comments