Meracik Kopi Susu – Online Shop Coffee Maker di Jangkat Timur, Merangin

Meracik Kopi Susu – Online Shop Coffee Maker di Jangkat Timur, Merangin



Meracik Kopi Susu – Online Shop Coffee Maker di Jangkat Timur, Merangin - Kendati kian ramai penikmat kopi yang mengenali bermacam tipe kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang ternyata masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimple itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, mulai kelasnya, kawasan peraniannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji kopinya. Karena itu, meski dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma serta citarasa yang berbeda.

Kopi tu sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di Indonesia dan digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua pernah mengetahui karakteristik dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki rupa butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit tapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di lokasi penanaman pun sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terutama kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pula tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang wangi serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tidak heran harganya pula jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Negeri ini yakni Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Meracik Kopi Susu – Online Shop Coffee Maker di Jangkat Timur, Merangin


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi saat ini di berbagai bagian dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa istimewa, berbeda di setiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan resistan hama & penyakit.

Adapun keunikan paling menonjol yaitu peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi macam ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tetapi susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini sebab ditanam di suhu rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, pun beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah memahami dan merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya makin banyak Coffee shop yang menyuguhkan berbagai variasi kopi Arabica.
Walaupun begitu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca tulisan dalam website Meracik Kopi Susu – Online Shop Coffee Maker di Jangkat Timur, Merangin, semoga ada manfaatnya.

0 comments