Resep Meracik Kopi Enak – Jual Pembuat Kopi Di Pasar Minggu, Jakarta Selatan

Resep Meracik Kopi Enak – Jual Pembuat Kopi Di Pasar Minggu, Jakarta Selatan



Resep Meracik Kopi Enak – Jual Pembuat Kopi Di Pasar Minggu, Jakarta Selatan - Meski kian banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi beraneka macam tipe kopi, tetapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesederhana itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, dari jenisnya, tempat peraniannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Karena itu, walau pun berjenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dengan Tana Toraja umpamanya, menyandang aroma dan cita rasa yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta adalah verietas terbesar yang ada di tanah air serta digunakan di beberapa warkop.

Tapi, apakah anda semua sudah tahu ke-khas-an dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki struktur butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit namun memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Suhu di kebun kopi pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang bebauan yang harum kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tidak heran nilainya juga lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini ialah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Resep Meracik Kopi Enak – Jual Pembuat Kopi Di Pasar Minggu, Jakarta Selatan


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi sekarang di berbagai belahan dunia, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa istimewa, berlainan di tiap-tiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat serta kebal penyakit.

Adapun ciri khas paling jelas ialah peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi varietas ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam setahun, perihal ini sebab ditanam di suhu rendah, maka dapat cepat panen" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, juga beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah mengetahui serta merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak warung kopi yang menyajikan bermacam varian kopi Arabica.
Kendati demikian, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi artikel di website Resep Meracik Kopi Enak – Jual Pembuat Kopi Di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments