Resep Meracik Kopi Enak – Toko Mesin Coffee Maker di Curup, Rejang Lebong

Resep Meracik Kopi Enak – Toko Mesin Coffee Maker di Curup, Rejang Lebong



Resep Meracik Kopi Enak – Toko Mesin Coffee Maker di Curup, Rejang Lebong - Kendati makin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi beraneka macam tipe kopi, tapi tidak sedikit juga yang ternyata masih gak mengenal perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimple itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, mulai tipenya, area ditanamna, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, meski pun berjenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja Sulsel umpamanya, mempunyai aroma serta citarasa yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia dan digunakan di beberapa warkop.

Tapi, apakah kalian semua telah mengerti karakter dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang bentuk batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit tetapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi juga hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting bila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pula tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tidak heran nilainya pula lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Indonesia adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Resep Meracik Kopi Enak – Toko Mesin Coffee Maker di Curup, Rejang Lebong


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi sekarang di berbagai bagian dunia, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa spesial, berbeda di tiap-tiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh juga resistan hama.

Adapun keunikan setidaknya mencolok ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, akan tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, maka dapat lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, pun beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah mengetahui dan merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak kafe yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabica.
Walaupun demikian, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah membaca tulisan di website Resep Meracik Kopi Enak – Toko Mesin Coffee Maker di Curup, Rejang Lebong, semoga bermanfaat.

0 comments