Berbagai Jenis Kopi Di Indonesia – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Gondomanan, Yogyakarta

Berbagai Jenis Kopi Di Indonesia – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Gondomanan, Yogyakarta



Berbagai Jenis Kopi Di Indonesia – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Gondomanan, Yogyakarta - Meski makin berlimpah pecinta kopi yang menandai beragam jenis kopi, akan tetapi tak sedikit pula yang ternyata masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesederhana itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, dimulai dari jenisnya, lokasi penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan bijinya. Karena itu, walau pun berjenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Kopi sendiri menyandang jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di tanah air dan dipakai di beberapa kedai kopi.

Tetapi, apakah kalian semua pernah paham kekhasan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki tatanan batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tetapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terpenting jika ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang wangi kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tidak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Tanah Air yakni Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Berbagai Jenis Kopi Di Indonesia – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Gondomanan, Yogyakarta


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi saat ini di beragam belahan bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa yang khas, berbeda di setiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga resistan penyakit & hama.

Adapun keunikan paling kentara yakni peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, akan tetapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini sebab ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, pula beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengenal serta merasakan beragam jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak kafe yang menyajikan berbagai varian kopi Arabica.
Meski seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah menyambangi artikel dalam web Berbagai Jenis Kopi Di Indonesia – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Gondomanan, Yogyakarta, semoga berguna.

0 comments