Berbagai Jenis Kopi Di Indonesia – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Puring, Kebumen

Berbagai Jenis Kopi Di Indonesia – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Puring, Kebumen



Berbagai Jenis Kopi Di Indonesia – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Puring, Kebumen - Kendati semakin ramai penikmat kopi yang menandai berbagai jenis kopi, tapi tak sedikit pula yang ternyata masih tak mengerti perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesederhana itu, akan tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, dimulai dari varietasnya, daerah penanamannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, meski berjenis sama, rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja umpamanya, menyandang aroma serta cita rasa yang begitu beda.

Biji kopi tu sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang ada di tanah air serta digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua sudah paham kekhasan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki struktur batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit namun menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi juga hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terpenting jika ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tidak heran mutunya pula lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Nusantara yakni kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak muncul ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Berbagai Jenis Kopi Di Indonesia – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Puring, Kebumen


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi sekarang di berbagai bagian bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena memiliki cita rasa yang spesial, berbeda di setiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh juga tahan hama & penyakit.

Adapun kekhasan paling menonjol ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi macam ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, pun sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengenal serta merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya makin banyak kedai kopi yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi artikel di website Berbagai Jenis Kopi Di Indonesia – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Puring, Kebumen, semoga ada manfaatnya.

0 comments