Cara Membuat Kopi Yang Enak Dan Benar – Kios Pembuat Kopi di Gunuang Talang, Solok

Cara Membuat Kopi Yang Enak Dan Benar – Kios Pembuat Kopi di Gunuang Talang, Solok



Cara Membuat Kopi Yang Enak Dan Benar – Kios Pembuat Kopi di Gunuang Talang, Solok - Biar kian ramai penikmat kopi yang menandai berbagai tipe kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang tampaknya masih tidak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesederhana itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan penuh perihal, mulai dari tipenya, tempat perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, biar pun berjenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja contohnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berbeda.

Kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di Indonesia serta dipakai di beberapa kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua sudah mengetahui karakteristik dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki struktur butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit akan tetapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di perkebunan juga hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang wangi seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tak heran nilainya pula jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Nusantara adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Yang Enak Dan Benar – Kios Pembuat Kopi di Gunuang Talang, Solok


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi sekarang di bermacam bagian dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa spesial, berlainan di tiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh juga kebal penyakit dan hama.

Adapun ciri khusus paling menonjol yaitu tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, akan tetapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam setahun, kondisi ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, maka dapat cepat panen" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, juga sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah mengenal serta merasakan beragam tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai kafe yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabica.
Meski demikian, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi risalah dalam website Cara Membuat Kopi Yang Enak Dan Benar – Kios Pembuat Kopi di Gunuang Talang, Solok, moga-moga berguna.

0 comments