Cara Meracik Kopi Ala Barista – Jual Mesin Pembuat Kopi di Tebing Syahbandar, Serdang Bedagai

Cara Meracik Kopi Ala Barista – Jual Mesin Pembuat Kopi di Tebing Syahbandar, Serdang Bedagai


Cara Meracik Kopi Ala Barista – Jual Mesin Pembuat Kopi di Tebing Syahbandar, Serdang Bedagai - Walaupun semakin ramai penikmat kopi yang menandai beragam jenis kopi, tetapi tak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesederhana itu, tapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, dari jenisnya, daerah peraniannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, meski pun dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo serta Toraja contohnya, memiliki aroma serta cita rasa yang begitu beda.

Kopi sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di negeri ini serta digunakan di beberapa warung kopi.

Namun, apakah kamu semua pernah tahu karakter dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki rupa bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit akan tetapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus jika ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan pun seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terutama apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Negeri ini yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Cara Meracik Kopi Ala Barista – Jual Mesin Pembuat Kopi di Tebing Syahbandar, Serdang Bedagai


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi saat ini di berbagai bagian bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 meter MDPL dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga resistan penyakit.

Adapun keistimewaan paling jelas ialah tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam setahun, perihal ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" kata Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, pun beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah mengenal dan merasakan berbagai veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya kian banyak warung kopi yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabica.
Walaupun demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah menyambangi risalah dalam website Cara Meracik Kopi Ala Barista – Jual Mesin Pembuat Kopi di Tebing Syahbandar, Serdang Bedagai, moga-moga ada gunanya.

0 comments