Cara Meracik Kopi Enak – Jual Pembuat Kopi Di Pulau Rakyat, Asahan

Cara Meracik Kopi Enak – Jual Pembuat Kopi Di Pulau Rakyat, Asahan


Cara Meracik Kopi Enak – Jual Pembuat Kopi Di Pulau Rakyat, Asahan - Kendati makin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi beraneka macam tipe kopi, tapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih gak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesederhana itu, akan tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, dimulai dari kelasnya, kawasan peraniannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Karena itu, walaupun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Kopi sendiri mempunyai verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di negeri ini dan dipakai di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah kalian semua sudah tahu keunikan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki rupa batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit namun mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tidak heran harganya pun lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Nusantara yakni kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak timbul ialah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Cara Meracik Kopi Enak – Jual Pembuat Kopi Di Pulau Rakyat, Asahan


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi kini di beragam belahan bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa istimewa, berbeda di tiap-tiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta kebal penyakit.

Adapun kekhasan setidaknya eksplisit yaitu tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam satu tahun, hal ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, maka bisa lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, pula sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah mengetahui serta merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya makin banyak kafe yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabica.
Walaupun begitu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca risalah dalam blog Cara Meracik Kopi Enak – Jual Pembuat Kopi Di Pulau Rakyat, Asahan, moga-moga bermakna.

0 comments