Cara Meracik Kopi Kapal Api Yg Enak – Penjual Mesin Coffee Maker Di Ngada

Cara Meracik Kopi Kapal Api Yg Enak – Penjual Mesin Coffee Maker Di Ngada



Cara Meracik Kopi Kapal Api Yg Enak – Penjual Mesin Coffee Maker Di Ngada - Meski semakin berlimpah penikmat kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, akan tetapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pait, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimple itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, mulai dari tipenya, kawasan perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, walaupun dengan jenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja misalnya, mempunyai aroma dan flavour yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri memiliki verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di tanah air dan dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Tetapi, apakah anda semua sudah paham keunikan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai rupa bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit akan tetapi memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di perkebunan juga seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena hama karat daun terpenting bila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tidak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Nusantara yaitu kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai timbul ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Cara Meracik Kopi Kapal Api Yg Enak – Penjual Mesin Coffee Maker Di Ngada


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi kini di beragam bagian dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna memiliki cita rasa yang spesial, berbeda di setiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta resistan hama & penyakit.

Adapun ciri khas paling gamblang ialah peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi jenis ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, namun sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa cepat panen" kata Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, juga sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah memahami dan merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak kedai kopi yang menyajikan bermacam varian kopi Arabica.
Walaupun begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi risalah dalam website Cara Meracik Kopi Kapal Api Yg Enak – Penjual Mesin Coffee Maker Di Ngada, semoga ada gunanya.

0 comments