Jenis Kopi Arabika Terbaik – Online Shop Pembuat Kopi Di Cisauk, Tangerang

Jenis Kopi Arabika Terbaik – Online Shop Pembuat Kopi Di Cisauk, Tangerang


Jenis Kopi Arabika Terbaik – Online Shop Pembuat Kopi Di Cisauk, Tangerang - Walaupun makin banyak pecinta kopi yang menandai berbagai tipe kopi, tetapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih tak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimple itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, mulai dari jenisnya, kawasan penanamannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, walaupun berjenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dengan Tana Toraja contohnya, memiliki aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang terdapat di Indonesia serta digunakan di sebagian besar warkop.

Namun, apakah anda semua sudah mengetahui ke-khas-an dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki wujud batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit tetapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus jika ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi pun seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tidak heran harganya pun lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Indonesia yaitu kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini ramai muncul adalah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Jenis Kopi Arabika Terbaik – Online Shop Pembuat Kopi Di Cisauk, Tangerang


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di berbagai belahan dunia, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena memiliki cita rasa istimewa, berbeda di setiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan kebal hama dan penyakit.

Adapun ciri khas paling eksplisit yakni taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi macam ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa lekas panen" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, juga sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah mengenal dan merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai warung kopi yang menyediakan bermacam varian kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi risalah di blog Jenis Kopi Arabika Terbaik – Online Shop Pembuat Kopi Di Cisauk, Tangerang, semoga ada gunanya.

0 comments