Jenis Kopi Bali – Onlineshop Pembuat Kopi Di Ogan Komering Ulu Timur

Jenis Kopi Bali – Onlineshop Pembuat Kopi Di Ogan Komering Ulu Timur



Jenis Kopi Bali – Onlineshop Pembuat Kopi Di Ogan Komering Ulu Timur - Meski semakin banyak pecinta kopi yang mengenali beragam tipe kopi, tapi tak sedikit juga yang tampaknya masih gak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimpel itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, dimulai dari tipenya, tempat penanamannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, walaupun dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel contohnya, memiliki aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Kopi tu sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di Indonesia serta digunakan di sebagian besar warung kopi.

Tapi, apakah kamu semua telah mengerti kekhasan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai tatanan batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit akan tetapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Suhu di lahan kopi pun sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang hama karat daun terpenting kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tidak heran nilainya pula lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Indonesia ialah Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai timbul ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Jenis Kopi Bali – Onlineshop Pembuat Kopi Di Ogan Komering Ulu Timur


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi saat ini di bermacam belahan dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa yang spesial, berlainan di setiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat serta resistan hama dan penyakit.

Adapun keistimewaan paling jelas yaitu taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, namun susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam setahun, kondisi ini karena ditanam di suhu yang rendah, maka dapat cepat panen" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, juga sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah mengenal dan merasakan bermacam tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak kedai kopi yang menyediakan berbagai varian kopi Arabica.
Kendati begitu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi artikel dalam blog Jenis Kopi Bali – Onlineshop Pembuat Kopi Di Ogan Komering Ulu Timur, moga-moga bermanfaat.

0 comments