Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Pringapus, Semarang

Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Pringapus, Semarang


Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Pringapus, Semarang - Kendati semakin banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, namun gak sedikit pula yang nyatanya masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, kata beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesederhana itu, namun lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, mulai dari kelasnya, lokasi perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Karena itu, biar pun berjenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja misalnya, memiliki aroma dan cita rasa yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di negeri ini serta digunakan di sebagian besar warkop.

Tetapi, apakah anda semua sudah mengetahui karakter dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai tatanan butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit namun menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi juga sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang hama karat daun terpenting seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran nilainya juga lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Tanah Air yaitu kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak muncul yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Pringapus, Semarang


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun masa ini di berbagai bagian dunia, orang menanam lalu mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa spesial, berlainan di tiap-tiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh juga tahan hama & penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya eksplisit adalah tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang ada juga kopi robusta yang enak, namun sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat lekas panen" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, juga beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah memahami serta merasakan beragam jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai kafe yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabica.
Meski begitu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah membaca artikel dalam website Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Pringapus, Semarang, moga-moga bermakna.

0 comments