Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Kalipare, Malang

Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Kalipare, Malang



Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Kalipare, Malang - Kendati kian banyak pecinta kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, namun tidak sedikit pula yang tampaknya masih gak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesederhana itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, dari jenisnya, lokasi ditanamna, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, meski dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dengan Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma dan flavour yang begitu beda.

Kopi sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di Indonesia serta digunakan di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah anda semua telah mengetahui ke-khas-an dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai bentuk bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit tetapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di perkebunan pun hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terpenting kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran mutunya pun jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Negeri ini adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak muncul ialah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Kalipare, Malang


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi saat ini di bermacam bagian bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena memiliki cita rasa istimewa, berbeda di tiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta resistan penyakit dan hama.

Adapun ciri khusus paling kentara ialah peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi jenis ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini karna ditanam di hawa rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, pun beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah mengetahui dan merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya makin ramai kafe yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabica.
Walaupun begitu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi artikel di web Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Kalipare, Malang, mudah-mudahan berguna.

0 comments