Jenis Kopi Robusta Nusantara – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Air Padang, Bengkulu Utara

Jenis Kopi Robusta Nusantara – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Air Padang, Bengkulu Utara


Jenis Kopi Robusta Nusantara – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Air Padang, Bengkulu Utara - Kendati semakin banyak penikmat kopi yang mengenali bermacam tipe kopi, namun tak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesederhana itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, dari tipenya, kawasan perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan bijinya. Karena itu, walau pun berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo dengan Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma serta flavour yang berbeda.

Kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di tanah air serta digunakan di beberapa kedai kopi.

Tapi, apakah anda semua sudah mengerti keistimewaan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki tatanan batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit akan tetapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Suhu di lahan kopi pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting jika ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran kualitasnya pula lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Tanah Air yakni Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai timbul ialah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Nusantara – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Air Padang, Bengkulu Utara


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi masa ini di berbagai bagian bumi, orang menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna menyandang cita rasa yang khas, berbeda di setiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga kebal hama & penyakit.

Adapun keunikan setidaknya eksplisit adalah taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, namun sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini karna ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa lekas panen" kata Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, juga sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah mengetahui serta merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya makin ramai warung kopi yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabica.
Kendati seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi tulisan dalam web Jenis Kopi Robusta Nusantara – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Air Padang, Bengkulu Utara, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments