Jenis Kopi Robusta Spesial – Onlineshop Pembuat Kopi di Jambesari Darus Sholah, Bondowoso

Jenis Kopi Robusta Spesial – Onlineshop Pembuat Kopi di Jambesari Darus Sholah, Bondowoso



Jenis Kopi Robusta Spesial – Onlineshop Pembuat Kopi di Jambesari Darus Sholah, Bondowoso - Kendati kian banyak penikmat kopi yang mengenali bermacam tipe kopi, tapi tak sedikit juga yang nyatanya masih gak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesederhana itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai kelasnya, kawasan ditanamna, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Karena itu, walaupun dengan jenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja misalnya, memiliki aroma serta cita rasa yang berbeda.

Kopi sendiri mempunyai jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di Indonesia serta digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Tapi, apakah kamu semua pernah mengetahui karakter dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai tatanan bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit akan tetapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena hama karat daun terpenting kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran kualitasnya pula lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Indonesia yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak timbul adalah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Spesial – Onlineshop Pembuat Kopi di Jambesari Darus Sholah, Bondowoso


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi masa ini di bermacam bagian dunia, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa yang spesial, berbeda di tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh juga resistan penyakit & hama.

Adapun keunikan paling menonjol adalah taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, akan tetapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam satu tahun, perihal ini karena ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, pun sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengetahui serta merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai kafe yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabica.
Walaupun demikian, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi artikel di website Jenis Kopi Robusta Spesial – Onlineshop Pembuat Kopi di Jambesari Darus Sholah, Bondowoso, mudah-mudahan bermakna.

0 comments