Jenis Kopi Robusta Terbaik – Onlineshop Pembuat Kopi Di Sarirejo, Lamongan

Jenis Kopi Robusta Terbaik – Onlineshop Pembuat Kopi Di Sarirejo, Lamongan


Jenis Kopi Robusta Terbaik – Onlineshop Pembuat Kopi Di Sarirejo, Lamongan - Biar makin berlimpah penikmat kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang ternyata masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pait, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimpel itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, dari varietasnya, kawasan penanamannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Karena sebab itu, walau pun berjenis sama, rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja Sulsel misalnya, mempunyai aroma serta citarasa yang berlainan.

Kopi tu sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di negeri ini dan dipakai di sebagian besar warung kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua pernah tahu kekhasan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai bentuk biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman pun seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terpenting kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tidak heran mutunya pun jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Nusantara yaitu Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak timbul yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Terbaik – Onlineshop Pembuat Kopi Di Sarirejo, Lamongan


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi kini di beragam bagian dunia, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa yang khas, berlainan di tiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat serta tahan penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya gamblang ialah tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, akan tetapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam setahun, hal ini karna ditanam di suhu rendah, sehingga bisa cepat panen" kata Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, pun sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengenal dan merasakan beragam jenis kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai kedai kopi yang menyajikan bermacam varian kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah membaca risalah dalam web Jenis Kopi Robusta Terbaik – Onlineshop Pembuat Kopi Di Sarirejo, Lamongan, moga-moga bermakna.

0 comments