Jenis Kopi Untuk Diet – Onlineshop Pembuat Kopi di Aceh Utara

Jenis Kopi Untuk Diet – Onlineshop Pembuat Kopi di Aceh Utara


Jenis Kopi Untuk Diet – Onlineshop Pembuat Kopi di Aceh Utara - Biar kian berlimpah penikmat kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, tetapi tidak sedikit juga yang ternyata masih tidak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesederhana itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai kelasnya, area perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, biar pun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma dan citarasa yang berlainan.

Kopi sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di tanah air serta dipakai di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah anda semua sudah mengerti keunikan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang wujud butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit akan tetapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama kalau ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tak heran mutunya pun jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Indonesia yaitu kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Untuk Diet – Onlineshop Pembuat Kopi di Aceh Utara


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi masa ini di bermacam bagian bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa istimewa, berbeda di tiap-tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan resistan penyakit dan hama.

Adapun ciri khas setidaknya menonjol ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, tetapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam setahun, hal ini sebab ditanam di hawa yang rendah, maka bisa cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, pun beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah memahami dan merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak kedai kopi yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabika.
Kendati begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah membaca artikel di website Jenis Kopi Untuk Diet – Onlineshop Pembuat Kopi di Aceh Utara, semoga bermanfaat.

0 comments