Jenis Kopi Yang Digemari Di Indonesia – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Peso, Bulungan

Jenis Kopi Yang Digemari Di Indonesia – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Peso, Bulungan


Jenis Kopi Yang Digemari Di Indonesia – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Peso, Bulungan - Meski kian banyak pecinta kopi yang mengenali bermacam tipe kopi, tetapi gak sedikit juga yang ternyata masih gak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimple itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, mulai dari varietasnya, kawasan peraniannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, biar pun dengan jenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja umpamanya, mempunyai aroma serta cita rasa yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di tanah air serta dipakai di sebagian besar warung kopi.

Namun, apakah anda semua pernah mengetahui karakteristik dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai struktur bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tetapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di kebun kopi pun seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang hama karat daun terpenting kalau ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tak heran nilainya juga jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Tanah Air ialah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak muncul adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Jenis Kopi Yang Digemari Di Indonesia – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Peso, Bulungan


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi sekarang di berbagai bagian bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena menyandang cita rasa istimewa, berlainan di setiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga resistan hama dan penyakit.

Adapun keunikan setidaknya gamblang adalah tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, tetapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, pula sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah memahami dan merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai kafe yang menyajikan beraneka varian kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi tulisan di web Jenis Kopi Yang Digemari Di Indonesia – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Peso, Bulungan, moga-moga bermanfaat.

0 comments