Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Kios Mesin Coffee Maker Di Sambikerep

Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Kios Mesin Coffee Maker Di Sambikerep



Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Kios Mesin Coffee Maker Di Sambikerep - Walaupun semakin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai jenis kopi, namun tidak sedikit pula yang ternyata masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pahit, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesederhana itu, tapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, dimulai dari varietasnya, tempat penanamannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, biar pun dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo dengan Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma dan flavour yang berlainan.

Kopi tu sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di Indonesia dan dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Namun, apakah kamu semua telah mengerti keunikan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang tatanan batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit tapi memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting jika ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang harum kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran kualitasnya juga lebih mahal ketimbang tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Tanah Air yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak bermunculan ialah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Kios Mesin Coffee Maker Di Sambikerep


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di beragam bagian dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa spesial, berbeda di setiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat serta resistan penyakit dan hama.

Adapun kekhasan paling gamblang yaitu tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini sebab ditanam di hawa rendah, maka dapat cepat panen" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, juga beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah mengenal serta merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai kedai kopi yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabika.
Meski begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca risalah di halaman Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Kios Mesin Coffee Maker Di Sambikerep, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments