Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Online Shop Coffee Maker di Gondokusuman, Yogyakarta

Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Online Shop Coffee Maker di Gondokusuman, Yogyakarta



Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Online Shop Coffee Maker di Gondokusuman, Yogyakarta - Kendati semakin banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi beraneka macam tipe kopi, tapi tak sedikit juga yang ternyata masih gak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimpel itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, mulai varietasnya, lokasi penanamannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Karena itu, meski berjenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja misalnya, mempunyai aroma dan citarasa yang berbeda.

Kopi tu sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di negeri ini serta digunakan di beberapa warung kopi.

Tapi, apakah kalian semua sudah mengerti ke-khas-an dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai tatanan butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit akan tetapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi juga semestinya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang sedap seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tidak heran nilainya pula jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Nusantara adalah Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak timbul adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Online Shop Coffee Maker di Gondokusuman, Yogyakarta


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi sekarang di bermacam belahan dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa yang istimewa, berlainan di setiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta resistan penyakit & hama.

Adapun keunikan setidaknya menonjol yaitu tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang ada juga kopi robusta yang enak, namun susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini karna ditanam di suhu yang rendah, maka bisa lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, pun beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah mengenal serta merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai warung kopi yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabika.
Kendati begitu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah menyambangi informasi di halaman Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Online Shop Coffee Maker di Gondokusuman, Yogyakarta, semoga bermakna.

0 comments