Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Onlineshop Coffee Maker Di Berbah, Sleman

Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Onlineshop Coffee Maker Di Berbah, Sleman



Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Onlineshop Coffee Maker Di Berbah, Sleman - Walaupun semakin banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, namun gak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimpel itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, mulai tipenya, lokasi ditanamna, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, meski pun berjenis serupa, citarasa kopi Gayo serta Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma serta flavour yang berlainan.

Biji kopi sendiri mempunyai jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang ada di negeri ini dan dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Tapi, apakah kalian semua pernah tahu keunikan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki struktur biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tetapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di perkebunan juga hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang hama karat daun terpenting kalau ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tak heran harganya juga lebih mahal ketimbang tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Tanah Air yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai timbul yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Onlineshop Coffee Maker Di Berbah, Sleman


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi sekarang di berbagai belahan bumi, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa spesial, berlainan di tiap-tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan resistan hama.

Adapun keistimewaan setidaknya mencolok yakni taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang enak, akan tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga bisa lekas panen" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengetahui serta merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai Coffee shop yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabica.
Walaupun begitu, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi risalah di halaman Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Onlineshop Coffee Maker Di Berbah, Sleman, moga-moga berpengaruh.

0 comments