Khasiat Kopi Hijau Karysma – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Ngajum, Malang

Khasiat Kopi Hijau Karysma – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Ngajum, Malang


Khasiat Kopi Hijau Karysma – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Ngajum, Malang - Kendati semakin ramai pecinta kopi yang mengenali bermacam tipe kopi, akan tetapi tidak sedikit pula yang ternyata masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimpel itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, dimulai dari jenisnya, lokasi penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, meski dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo serta Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma dan citarasa yang berbeda.

Kopi sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di tanah air serta digunakan di sebagian besar warung kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua telah tahu ke-khas-an dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki struktur butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit namun memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan juga semestinya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terpenting jika ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang sedap semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran harganya juga jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Negeri ini yaitu Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Karysma – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Ngajum, Malang


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, namun kini di beragam bagian dunia, orang menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena memiliki cita rasa spesial, berlainan di setiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh juga kebal penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya kentara yakni taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi varietas ini nyaris serupa. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam setahun, hal ini sebab ditanam di suhu rendah, maka dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, pula sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah mengenal serta merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak warung kopi yang menyediakan beraneka varian kopi Arabica.
Kendati demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca risalah dalam web Khasiat Kopi Hijau Karysma – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Ngajum, Malang, semoga ada manfaatnya.

0 comments