Khasiat Kopi Hijau Qalam – Jual Pembuat Kopi di Cimaragas, Ciamis

Khasiat Kopi Hijau Qalam – Jual Pembuat Kopi di Cimaragas, Ciamis



Khasiat Kopi Hijau Qalam – Jual Pembuat Kopi di Cimaragas, Ciamis - Meski makin ramai penikmat kopi yang mengenali beraneka macam tipe kopi, tetapi gak sedikit pula yang ternyata masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimpel itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, dari varietasnya, tempat peraniannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, walau pun berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo dengan Tana Toraja umpamanya, menyandang aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang terdapat di tanah air serta digunakan di beberapa warung kopi.

Tetapi, apakah kamu semua sudah mengerti ke-khas-an dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki bentuk bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit namun mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting jika ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang sedap kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tidak heran nilainya pula lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak timbul yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Qalam – Jual Pembuat Kopi di Cimaragas, Ciamis


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi sekarang di beragam belahan dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap-tiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat dan tahan penyakit dan hama.

Adapun keistimewaan setidaknya menonjol adalah taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi jenis ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini karena ditanam di suhu rendah, maka bisa cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, juga beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah mengetahui dan merasakan beraneka veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya makin banyak Coffee shop yang menyuguhkan berbagai variasi kopi Arabika.
Walaupun begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi risalah dalam website Khasiat Kopi Hijau Qalam – Jual Pembuat Kopi di Cimaragas, Ciamis, semoga ada manfaatnya.

0 comments