Khasiat Kopi Hijau Qalam – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Rantau Alai, Ogan Ilir

Khasiat Kopi Hijau Qalam – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Rantau Alai, Ogan Ilir



Khasiat Kopi Hijau Qalam – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Rantau Alai, Ogan Ilir - Biar semakin banyak pecinta kopi yang mengenali beragam jenis kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang tampaknya masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesederhana itu, namun lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, dimulai dari varietasnya, daerah penanamannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, kendati berjenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja misalnya, menyandang aroma dan citarasa yang berlainan.

Kopi sendiri mempunyai jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di negeri ini serta dipakai di beberapa warkop.

Namun, apakah kalian semua sudah mengetahui ke-khas-an dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang wujud butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit akan tetapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi pun seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena hama karat daun terpenting jika ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tak heran kualitasnya juga lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara yakni kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai bermunculan ialah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Qalam – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Rantau Alai, Ogan Ilir


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi saat ini di berbagai belahan dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa khas, berlainan di tiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga kebal hama dan penyakit.

Adapun kekhasan setidaknya kentara yakni taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi varietas ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, tetapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, maka bisa lekas panen" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, juga beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah mengetahui dan merasakan beraneka veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya kian ramai kedai kopi yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabica.
Kendati begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca tulisan di blog Khasiat Kopi Hijau Qalam – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Rantau Alai, Ogan Ilir, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments