Khasiat Kopi Hijau Untuk Diet – Onlineshop Pembuat Kopi Di Lombok Tengah

Khasiat Kopi Hijau Untuk Diet – Onlineshop Pembuat Kopi Di Lombok Tengah


Khasiat Kopi Hijau Untuk Diet – Onlineshop Pembuat Kopi Di Lombok Tengah - Biar kian banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi beraneka macam jenis kopi, tapi gak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesederhana itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai kelasnya, daerah perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, walaupun berjenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo dan Toraja contohnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berlainan.

Biji kopi sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di negeri ini serta dipakai di beberapa kedai kopi.

Tapi, apakah kamu semua telah paham kekhasan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai bentuk butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit akan tetapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi juga semestinya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terpenting jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran kualitasnya pun lebih mahal dibanding jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini adalah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak timbul adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Untuk Diet – Onlineshop Pembuat Kopi Di Lombok Tengah


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi sekarang di beragam bagian dunia, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa spesial, berlainan di setiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta tahan hama & penyakit.

Adapun keunikan paling kentara yaitu peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam 1 tahun, perihal ini karna ditanam di suhu rendah, maka bisa lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, pun sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah mengenal dan merasakan berbagai veretas kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya makin ramai Coffee shop yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabica.
Kendati seperti itu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca tulisan dalam blog Khasiat Kopi Hijau Untuk Diet – Onlineshop Pembuat Kopi Di Lombok Tengah, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments