Khasiat Kopi Hitam Untuk Kesehatan – Kios Mesin Coffee Maker di Cikande, Serang

Khasiat Kopi Hitam Untuk Kesehatan – Kios Mesin Coffee Maker di Cikande, Serang



Khasiat Kopi Hitam Untuk Kesehatan – Kios Mesin Coffee Maker di Cikande, Serang - Kendati kian berlimpah pecinta kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, tapi tak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimple itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, dimulai dari tipenya, lokasi penanamannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, meski pun dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja umpamanya, menyandang aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Kopi tu sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia serta digunakan di beberapa coffee shop.

Namun, apakah kamu semua pernah tahu karakteristik dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai struktur biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit akan tetapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi pun sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena hama karat daun terpenting bila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pula tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang harum serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tak heran nilainya juga lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Tanah Air adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai muncul adalah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hitam Untuk Kesehatan – Kios Mesin Coffee Maker di Cikande, Serang


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi sekarang di bermacam belahan dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna menyandang cita rasa istimewa, berbeda di tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat serta kebal penyakit dan hama.

Adapun kekhasan paling jelas adalah taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tetapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, maka dapat cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, pula beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah mengetahui dan merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya kian ramai kafe yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabika.
Walaupun begitu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah menyambangi risalah di blog Khasiat Kopi Hitam Untuk Kesehatan – Kios Mesin Coffee Maker di Cikande, Serang, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments