Khasiat Kopi Pahit Bagi Pria – Kios Pembuat Kopi di Bandung

Khasiat Kopi Pahit Bagi Pria – Kios Pembuat Kopi di Bandung



Khasiat Kopi Pahit Bagi Pria – Kios Pembuat Kopi di Bandung - Meski makin ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, namun tak sedikit pula yang tampaknya masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesederhana itu, tapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, dimulai dari kelasnya, tempat perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, meski berjenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo serta Toraja Sulsel contohnya, memiliki aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di tanah air serta digunakan di sebagian besar coffee shop.

Akan tetapi, apakah anda semua pernah mengerti karakter dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki wujud biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tetapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman pun semestinya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang wangi semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tak heran nilainya pula jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Negeri ini ialah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Pahit Bagi Pria – Kios Pembuat Kopi di Bandung


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi kini di bermacam belahan bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa istimewa, berbeda di setiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 M MDPL dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh juga tahan penyakit.

Adapun kekhasan paling eksplisit yakni taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi macam ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam satu tahun, kondisi ini karena ditanam di hawa rendah, maka dapat lekas panen" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, pun beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah mengenal dan merasakan beragam jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak kafe yang menyajikan beraneka variasi kopi Arabika.
Kendati seperti itu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi risalah dalam web Khasiat Kopi Pahit Bagi Pria – Kios Pembuat Kopi di Bandung, mudah-mudahan bermakna.

0 comments