Khasiat Kopi Pak Belalang Ori – Jual Pembuat Kopi di Genteng, Banyuwangi

Khasiat Kopi Pak Belalang Ori – Jual Pembuat Kopi di Genteng, Banyuwangi


Khasiat Kopi Pak Belalang Ori – Jual Pembuat Kopi di Genteng, Banyuwangi - Biar makin ramai pecinta kopi yang menandai berbagai jenis kopi, tapi tak sedikit pula yang ternyata masih tidak memahami perbedaan kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesederhana itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, dari kelasnya, tempat ditanamna, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, walaupun berjenis serupa, citarasa kopi Gayo dan Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma serta flavour yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di Indonesia serta dipakai di beberapa kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua pernah mengetahui karakteristik dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai wujud batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit tapi mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi juga sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tak heran nilainya pun jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Tanah Air yakni Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Pak Belalang Ori – Jual Pembuat Kopi di Genteng, Banyuwangi


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi sekarang di bermacam bagian dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna memiliki cita rasa yang khas, berbeda di setiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga resistan hama.

Adapun ciri khusus setidaknya eksplisit yakni peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi jenis ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam 1 tahun, hal ini karena ditanam di suhu yang rendah, maka bisa cepat pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, juga beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah memahami serta merasakan berbagai veretas kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya makin banyak kedai kopi yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca artikel di blog Khasiat Kopi Pak Belalang Ori – Jual Pembuat Kopi di Genteng, Banyuwangi, semoga ada gunanya.

0 comments