Khasiat Kopi Pracampuran Kopi Jantan – Onlineshop Coffee Maker di Beringin, Deli Serdang

Khasiat Kopi Pracampuran Kopi Jantan – Onlineshop Coffee Maker di Beringin, Deli Serdang



Khasiat Kopi Pracampuran Kopi Jantan – Onlineshop Coffee Maker di Beringin, Deli Serdang - Kendati semakin berlimpah penikmat kopi yang mengenali beragam jenis kopi, namun tidak sedikit juga yang ternyata masih tak mengenal perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pahit, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimpel itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, mulai dari tipenya, daerah ditanamna, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, meski berjenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel contohnya, menyandang aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di Indonesia serta dipakai di sebagian besar coffee shop.

Akan tetapi, apakah kalian semua telah paham kekhasan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai tatanan butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi juga semestinya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki bebauan yang harum seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tidak heran kualitasnya pun lebih mahal dibanding tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini adalah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak muncul ialah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Khasiat Kopi Pracampuran Kopi Jantan – Onlineshop Coffee Maker di Beringin, Deli Serdang


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi kini di beragam bagian bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa yang spesial, berbeda di tiap-tiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga tahan penyakit.

Adapun keunikan setidaknya kentara adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, maka dapat lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, juga beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah memahami dan merasakan beragam jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak warung kopi yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi tulisan dalam halaman Khasiat Kopi Pracampuran Kopi Jantan – Onlineshop Coffee Maker di Beringin, Deli Serdang, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments