Khasiat Kopi Radix – Jual Coffee Maker di Karangdadap, Pekalongan

Khasiat Kopi Radix – Jual Coffee Maker di Karangdadap, Pekalongan



Khasiat Kopi Radix – Jual Coffee Maker di Karangdadap, Pekalongan - Meski kian berlimpah penikmat kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, namun gak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimpel itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, mulai jenisnya, tempat peraniannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, walau pun berjenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel misalnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Biji kopi sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di negeri ini dan digunakan di beberapa kedai kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua telah paham keunikan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai tatanan biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit akan tetapi memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di perkebunan juga seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terutama kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang wangi serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tak heran kualitasnya pula jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Tanah Air yaitu Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang ramai timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Radix – Jual Coffee Maker di Karangdadap, Pekalongan


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi saat ini di bermacam bagian dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna menyandang cita rasa khas, berbeda di setiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga tahan penyakit & hama.

Adapun keunikan setidaknya kentara ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi varietas ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, akan tetapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam satu tahun, perihal ini karena ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, pula beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah memahami dan merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya makin ramai kafe yang menyajikan beragam varian kopi Arabica.
Kendati demikian, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah menyambangi informasi dalam blog Khasiat Kopi Radix – Jual Coffee Maker di Karangdadap, Pekalongan, semoga ada gunanya.

0 comments