Khasiat Kopi Rerama – Toko Online Coffee Maker Di Long Kali, Paser

Khasiat Kopi Rerama – Toko Online Coffee Maker Di Long Kali, Paser


Khasiat Kopi Rerama – Toko Online Coffee Maker Di Long Kali, Paser - Biar kian banyak pecinta kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, namun tak sedikit pula yang ternyata masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimpel itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan penuh perihal, mulai dari kelasnya, kawasan perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan bijinya. Karena itu, meski berjenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma serta citarasa yang begitu beda.

Biji kopi sendiri mempunyai jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di tanah air dan dipakai di beberapa coffee shop.

Namun, apakah anda semua pernah mengetahui keistimewaan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki rupa bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit tetapi memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi pun seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tidak heran harganya pula lebih mahal ketimbang tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini adalah Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Rerama – Toko Online Coffee Maker Di Long Kali, Paser


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di beragam belahan bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa yang spesial, berbeda di tiap-tiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat dan tahan penyakit dan hama.

Adapun keistimewaan setidaknya menonjol adalah taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi jenis ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, tapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam setahun, hal ini lantaran ditanam di temperatur udara rendah, maka dapat cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, pula sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah mengenal serta merasakan beragam veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya makin ramai kafe yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabika.
Meski seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca risalah di halaman Khasiat Kopi Rerama – Toko Online Coffee Maker Di Long Kali, Paser, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments