Khasiat Kopi Untuk Kecantikan Kulit – Onlineshop Pembuat Kopi di Panguragan, Cirebon

Khasiat Kopi Untuk Kecantikan Kulit – Onlineshop Pembuat Kopi di Panguragan, Cirebon



Khasiat Kopi Untuk Kecantikan Kulit – Onlineshop Pembuat Kopi di Panguragan, Cirebon - Walaupun makin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi beraneka macam jenis kopi, tapi gak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimpel itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, mulai jenisnya, kawasan perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan bijinya. Karena sebab itu, biar pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja misalnya, memiliki aroma serta citarasa yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di Indonesia dan dipakai di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah anda semua telah tahu keistimewaan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang rupa butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit namun menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang harum semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tidak heran mutunya pun lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Negeri ini yakni kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Khasiat Kopi Untuk Kecantikan Kulit – Onlineshop Pembuat Kopi di Panguragan, Cirebon


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi masa ini di berbagai belahan bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa istimewa, berlainan di tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan kebal hama.

Adapun keistimewaan setidaknya mencolok yakni peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi macam ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tetapi susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam satu tahun, kondisi ini sebab ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, pun sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai warung kopi yang menyajikan beragam variasi kopi Arabika.
Meski begitu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi tulisan di website Khasiat Kopi Untuk Kecantikan Kulit – Onlineshop Pembuat Kopi di Panguragan, Cirebon, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments