Kriteria Jenis Kopi Toraja – Online Shop Coffee Maker di Campaka Mulya, Cianjur

Kriteria Jenis Kopi Toraja – Online Shop Coffee Maker di Campaka Mulya, Cianjur


Kriteria Jenis Kopi Toraja – Online Shop Coffee Maker di Campaka Mulya, Cianjur - Meski kian banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai jenis kopi, akan tetapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengenal perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pait, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimple itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, mulai kelasnya, area ditanamna, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan bijinya. Karena itu, walau pun berjenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja misalnya, menyandang aroma serta citarasa yang berbeda.

Biji kopi sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di negeri ini serta dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua pernah mengetahui keistimewaan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki wujud bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit namun menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di lahan kopi juga hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang wangi kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tak heran harganya pula jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Indonesia adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini ramai bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Kriteria Jenis Kopi Toraja – Online Shop Coffee Maker di Campaka Mulya, Cianjur


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi sekarang di berbagai belahan bumi, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa yang khas, berbeda di tiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga tahan penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya jelas yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi macam ini hampir serupa. Memang ada juga kopi robusta yang enak, namun sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam satu tahun, perihal ini karena ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat lekas panen" kata Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, pula beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah mengetahui serta merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya makin ramai Coffee shop yang menyajikan berbagai varian kopi Arabika.
Kendati seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi tulisan di web Kriteria Jenis Kopi Toraja – Online Shop Coffee Maker di Campaka Mulya, Cianjur, moga-moga bermanfaat.

0 comments