Macam Jenis Kopi Indonesia – Kios Pembuat Kopi di Sungkai Selatan, Lampung Utara

Macam Jenis Kopi Indonesia – Kios Pembuat Kopi di Sungkai Selatan, Lampung Utara


Macam Jenis Kopi Indonesia – Kios Pembuat Kopi di Sungkai Selatan, Lampung Utara - Biar semakin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam tipe kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengerti perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pait, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesederhana itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, dimulai dari kelasnya, area ditanamna, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan bijinya. Karena itu, meski dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo dengan Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma serta cita rasa yang berbeda.

Kopi sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang ada di Indonesia dan dipakai di sebagian besar coffee shop.

Namun, apakah anda semua telah mengetahui keistimewaan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki bentuk batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tetapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus jika ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama bila ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang harum semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tak heran mutunya pun jauh lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Tanah Air yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini ramai bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Macam Jenis Kopi Indonesia – Kios Pembuat Kopi di Sungkai Selatan, Lampung Utara


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi kini di bermacam bagian dunia, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa yang spesial, berlainan di tiap-tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan tahan penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya eksplisit adalah peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam setahun, perihal ini karena ditanam di suhu yang rendah, maka bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, pula beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah mengetahui dan merasakan beragam veretas kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak kafe yang menyajikan beragam varian kopi Arabika.
Meski seperti itu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi tulisan di halaman Macam Jenis Kopi Indonesia – Kios Pembuat Kopi di Sungkai Selatan, Lampung Utara, moga-moga berguna.

0 comments