Macam Kopi Asli Indonesia – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Balikpapan Tengah, Balikpapan

Macam Kopi Asli Indonesia – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Balikpapan Tengah, Balikpapan



Macam Kopi Asli Indonesia – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Balikpapan Tengah, Balikpapan - Meski kian ramai penikmat kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, akan tetapi tidak sedikit pula yang ternyata masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimple itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, mulai varietasnya, daerah perkebunannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, meski dengan jenis sama, rasa kopi Gayo dengan Toraja misalnya, memiliki aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di tanah air serta dipakai di beberapa kedai kopi.

Tetapi, apakah kalian semua sudah mengetahui karakter dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki tatanan butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit akan tetapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan pun sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pula tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang harum seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tak heran mutunya juga lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini adalah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak muncul yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Macam Kopi Asli Indonesia – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Balikpapan Tengah, Balikpapan


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi saat ini di beragam bagian bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna memiliki cita rasa istimewa, berbeda di setiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat serta resistan hama dan penyakit.

Adapun ciri khas paling gamblang adalah tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, tetapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam 1 tahun, perihal ini lantaran ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, juga sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah memahami serta merasakan beragam veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya kian banyak warung kopi yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabica.
Meski seperti itu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi artikel di website Macam Kopi Asli Indonesia – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Balikpapan Tengah, Balikpapan, semoga ada gunanya.

0 comments