Macam Kopi Robusta – Onlineshop Pembuat Kopi Di Loa Kulu, Kutai Kartanegara

Macam Kopi Robusta – Onlineshop Pembuat Kopi Di Loa Kulu, Kutai Kartanegara



Macam Kopi Robusta – Onlineshop Pembuat Kopi Di Loa Kulu, Kutai Kartanegara - Walaupun semakin banyak penikmat kopi yang mengenali beragam tipe kopi, tapi tak sedikit pula yang tampaknya masih gak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, kata beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimpel itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan penuh perihal, dimulai dari tipenya, kawasan ditanamna, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, walaupun dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo dengan Toraja Sulsel contohnya, menyandang aroma dan flavour yang berlainan.

Kopi tu sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan verietas mayoritas yang terdapat di tanah air serta dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua sudah paham ke-khas-an dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai tatanan biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit namun memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Suhu di kebun kopi pun seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama apabila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara adalah Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai muncul adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Macam Kopi Robusta – Onlineshop Pembuat Kopi Di Loa Kulu, Kutai Kartanegara


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi saat ini di beragam bagian dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa spesial, berlainan di tiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan resistan penyakit dan hama.

Adapun ciri khas paling eksplisit adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini lantaran ditanam di suhu rendah, maka dapat lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengetahui dan merasakan beragam veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya kian banyak Coffee shop yang menyajikan berbagai varian kopi Arabica.
Meski demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca tulisan di web Macam Kopi Robusta – Onlineshop Pembuat Kopi Di Loa Kulu, Kutai Kartanegara, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments