Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Kios Mesin Pembuat Kopi di Bambanglipuro, Bantul

Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Kios Mesin Pembuat Kopi di Bambanglipuro, Bantul



Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Kios Mesin Pembuat Kopi di Bambanglipuro, Bantul - Kendati kian banyak pecinta kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, tapi tak sedikit pula yang ternyata masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesederhana itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, dari kelasnya, tempat ditanamna, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, walau pun berjenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo serta Tana Toraja misalnya, memiliki aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri menyandang jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta adalah verietas mayoritas yang ada di Indonesia dan dipakai di sebagian besar coffee shop.

Tetapi, apakah kamu semua pernah paham keunikan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang bentuk butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit tapi memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di lokasi penanaman pun sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama jika ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang aroma yang harum kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tidak heran nilainya pula jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara yaitu Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Kios Mesin Pembuat Kopi di Bambanglipuro, Bantul


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun saat ini di bermacam bagian dunia, orang menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna menyandang cita rasa yang spesial, berbeda di tiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga resistan hama & penyakit.

Adapun keunikan setidaknya jelas yaitu peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang enak, namun susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam setahun, hal ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, maka dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, juga sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah mengetahui serta merasakan beragam jenis kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak kedai kopi yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabica.
Kendati demikian, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi risalah dalam halaman Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Kios Mesin Pembuat Kopi di Bambanglipuro, Bantul, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments