Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Bansari, Temanggung

Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Bansari, Temanggung



Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Bansari, Temanggung - Meski makin banyak penikmat kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, tapi tidak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesederhana itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan penuh perihal, dimulai dari varietasnya, daerah perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Karena itu, meski dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja misalnya, menyandang aroma serta cita rasa yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di negeri ini serta digunakan di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah kalian semua telah mengetahui ke-khas-an dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang tatanan bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit namun mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan juga sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang aroma yang sedap serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tak heran mutunya pun jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Tanah Air yaitu kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak muncul ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Bansari, Temanggung


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi sekarang di berbagai belahan bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat serta kebal penyakit.

Adapun kekhasan paling mencolok ialah taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tetapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam setahun, perihal ini sebab ditanam di hawa rendah, sehingga dapat cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, juga sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah memahami dan merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya makin ramai kedai kopi yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabika.
Kendati demikian, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca tulisan dalam blog Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Bansari, Temanggung, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments