Macam-Macam Jenis Kopi Arabika – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Gabuswetan, Indramayu

Macam-Macam Jenis Kopi Arabika – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Gabuswetan, Indramayu



Macam-Macam Jenis Kopi Arabika – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Gabuswetan, Indramayu - Walaupun kian banyak pecinta kopi yang menandai bermacam tipe kopi, namun gak sedikit pula yang ternyata masih tak mengerti perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pahit, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimpel itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, mulai dari varietasnya, tempat perkebunannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, meski dengan jenis sama, rasa kopi Gayo serta Toraja misalnya, memiliki aroma dan flavour yang begitu beda.

Kopi sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di tanah air dan digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Tetapi, apakah anda semua sudah tahu karakter dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki wujud biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit namun memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di kebun kopi pun semestinya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama jika ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang harum seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tak heran nilainya pun jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Indonesia adalah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak muncul ialah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam-Macam Jenis Kopi Arabika – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Gabuswetan, Indramayu


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi sekarang di berbagai belahan dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena memiliki cita rasa yang spesial, berbeda di tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan kebal penyakit.

Adapun keunikan paling eksplisit ialah peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tetapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam setahun, hal ini karna ditanam di hawa rendah, maka dapat lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, pun sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengenal serta merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak kafe yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi informasi dalam halaman Macam-Macam Jenis Kopi Arabika – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Gabuswetan, Indramayu, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments