Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Onlineshop Pembuat Kopi di Bengkulu Tengah

Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Onlineshop Pembuat Kopi di Bengkulu Tengah



Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Onlineshop Pembuat Kopi di Bengkulu Tengah - Walaupun makin ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, tetapi tak sedikit pula yang ternyata masih gak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimple itu, tapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, dari tipenya, kawasan peraniannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, biar pun dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo dengan Toraja Sulsel contohnya, menyandang aroma serta cita rasa yang begitu beda.

Biji kopi sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di negeri ini serta dipakai di sebagian besar warung kopi.

Namun, apakah anda semua pernah mengerti kekhasan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki bentuk butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit akan tetapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan pun seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang bebauan yang harum seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tak heran mutunya juga lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Tanah Air yakni Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Onlineshop Pembuat Kopi di Bengkulu Tengah


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi sekarang di berbagai bagian bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa spesial, berlainan di tiap-tiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 M MDPL dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga tahan penyakit dan hama.

Adapun keistimewaan paling jelas adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini lantaran ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, pula beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengetahui serta merasakan bermacam tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak kedai kopi yang menyediakan berbagai variasi kopi Arabica.
Kendati seperti itu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi informasi dalam blog Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Onlineshop Pembuat Kopi di Bengkulu Tengah, moga-moga berguna.

0 comments