Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Penjual Pembuat Kopi di Kayong Utara

Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Penjual Pembuat Kopi di Kayong Utara



Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Penjual Pembuat Kopi di Kayong Utara - Walaupun semakin banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai jenis kopi, tetapi gak sedikit juga yang ternyata masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesederhana itu, akan tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan penuh perihal, dari varietasnya, kawasan perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, biar pun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo serta Toraja misalnya, mempunyai aroma serta citarasa yang begitu beda.

Biji kopi sendiri memiliki jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di tanah air dan dipakai di sebagian besar warkop.

Tapi, apakah anda semua sudah paham keistimewaan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang bentuk bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit namun memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi pun seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena hama karat daun terpenting apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang aroma yang sedap semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tidak heran nilainya pula jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Indonesia yakni Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Penjual Pembuat Kopi di Kayong Utara


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi kini di berbagai bagian bumi, orang menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa khas, berlainan di tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta tahan hama.

Adapun ciri khusus setidaknya gamblang yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, namun sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini karena ditanam di temperatur udara rendah, maka dapat cepat panen" kata Iwan.

Sebagian daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, pun beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengetahui dan merasakan beragam veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya makin ramai Coffee shop yang menyediakan beragam varian kopi Arabica.
Kendati demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi risalah dalam blog Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Penjual Pembuat Kopi di Kayong Utara, moga-moga bermakna.

0 comments