Macam-Macam Kopi Robusta Di Indonesia – Toko Mesin Coffee Maker Di Cimanggis, Depok

Macam-Macam Kopi Robusta Di Indonesia – Toko Mesin Coffee Maker Di Cimanggis, Depok



Macam-Macam Kopi Robusta Di Indonesia – Toko Mesin Coffee Maker Di Cimanggis, Depok - Biar semakin banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi beraneka macam jenis kopi, tapi tak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, kata beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimpel itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, dari jenisnya, daerah ditanamna, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji kopinya. Karena itu, meski pun dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja Sulsel contohnya, mempunyai aroma serta citarasa yang berlainan.

Biji kopi sendiri memiliki verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di Indonesia serta digunakan di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah kamu semua pernah tahu keunikan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki rupa bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun semestinya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena hama karat daun terpenting bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang harum seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tak heran nilainya pula lebih mahal dibanding tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Indonesia yakni kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Macam-Macam Kopi Robusta Di Indonesia – Toko Mesin Coffee Maker Di Cimanggis, Depok


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di bermacam belahan bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga kebal penyakit dan hama.

Adapun kekhasan paling gamblang yaitu taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi macam ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang enak, akan tetapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini sebab ditanam di suhu rendah, sehingga bisa lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pun sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah mengetahui dan merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya kian ramai kafe yang menyediakan berbagai varian kopi Arabica.
Walaupun begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah membaca informasi di web Macam-Macam Kopi Robusta Di Indonesia – Toko Mesin Coffee Maker Di Cimanggis, Depok, moga-moga berpengaruh.

0 comments