Manfaat Daun Kopi Robusta – Kios Coffee Maker Di Badas, Kediri

Manfaat Daun Kopi Robusta – Kios Coffee Maker Di Badas, Kediri



Manfaat Daun Kopi Robusta – Kios Coffee Maker Di Badas, Kediri - Biar kian banyak penikmat kopi yang menandai bermacam tipe kopi, namun tidak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengerti perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pahit, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesederhana itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, mulai dari tipenya, daerah penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Karena itu, walaupun berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo serta Toraja Sulsel contohnya, menyandang aroma dan flavour yang begitu beda.

Biji kopi tu sendiri menyandang verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia dan digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Tetapi, apakah kamu semua telah tahu keistimewaan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki struktur bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit namun mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan pun hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama bila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tidak heran kualitasnya pula lebih mahal dibanding tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia ialah Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Daun Kopi Robusta – Kios Coffee Maker Di Badas, Kediri


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi saat ini di bermacam belahan bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna menyandang cita rasa spesial, berlainan di setiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga tahan penyakit dan hama.

Adapun keistimewaan paling mencolok yakni taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang enak, akan tetapi sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam setahun, hal ini karena ditanam di hawa rendah, maka dapat lekas pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, juga sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah mengetahui serta merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai kafe yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabika.
Walaupun demikian, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah membaca tulisan di website Manfaat Daun Kopi Robusta – Kios Coffee Maker Di Badas, Kediri, mudah-mudahan berguna.

0 comments