Manfaat Daun Kopi Robusta – Toko Online Coffee Maker di Bantaran, Probolinggo

Manfaat Daun Kopi Robusta – Toko Online Coffee Maker di Bantaran, Probolinggo



Manfaat Daun Kopi Robusta – Toko Online Coffee Maker di Bantaran, Probolinggo - Biar kian berlimpah pecinta kopi yang mengenali beraneka macam tipe kopi, namun gak sedikit juga yang tampaknya masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, kata beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesederhana itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, mulai jenisnya, tempat peraniannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, walaupun berjenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma dan citarasa yang berlainan.

Biji kopi sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia dan digunakan di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah anda semua sudah tahu kekhasan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai struktur biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit akan tetapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tidak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Nusantara adalah Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Manfaat Daun Kopi Robusta – Toko Online Coffee Maker di Bantaran, Probolinggo


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi saat ini di bermacam bagian dunia, orang menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa spesial, berlainan di setiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta tahan hama.

Adapun keunikan setidaknya mencolok yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi macam ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, akan tetapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini lantaran ditanam di temperatur udara rendah, maka dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, pun sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah mengetahui dan merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak Coffee shop yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabika.
Kendati seperti itu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi tulisan di blog Manfaat Daun Kopi Robusta – Toko Online Coffee Maker di Bantaran, Probolinggo, moga-moga bermakna.

0 comments