Manfaat Kopi Hijau – Penjual Mesin Coffee Maker di Taman Rajo, Muaro Jambi

Manfaat Kopi Hijau – Penjual Mesin Coffee Maker di Taman Rajo, Muaro Jambi


Manfaat Kopi Hijau – Penjual Mesin Coffee Maker di Taman Rajo, Muaro Jambi - Meski kian ramai pecinta kopi yang menandai beragam jenis kopi, tetapi tidak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesederhana itu, akan tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, mulai kelasnya, area perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, kendati dengan jenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja Sulsel contohnya, mempunyai aroma serta cita rasa yang begitu beda.

Biji kopi sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di Indonesia serta dipakai di sebagian besar warkop.

Tetapi, apakah anda semua sudah paham karakteristik dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai wujud batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tapi menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di perkebunan pun semestinya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang wangi serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tidak heran harganya pun jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Indonesia adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hijau – Penjual Mesin Coffee Maker di Taman Rajo, Muaro Jambi


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi kini di bermacam belahan bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa yang spesial, berbeda di tiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta resistan hama & penyakit.

Adapun keunikan paling eksplisit adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi tipe ini nyaris sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tetapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini sebab ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa lekas panen" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pula beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah mengenal serta merasakan beraneka veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai warung kopi yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabica.
Walaupun demikian, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah menyambangi artikel dalam blog Manfaat Kopi Hijau – Penjual Mesin Coffee Maker di Taman Rajo, Muaro Jambi, semoga ada manfaatnya.

0 comments