Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Kios Coffee Maker Di Teluk Betung Selatan, Bandar Lampung

Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Kios Coffee Maker Di Teluk Betung Selatan, Bandar Lampung


Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Kios Coffee Maker Di Teluk Betung Selatan, Bandar Lampung - Kendati makin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, namun gak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimpel itu, akan tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan penuh perihal, dimulai dari kelasnya, kawasan perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, meski berjenis serupa, citarasa kopi Gayo serta Toraja umpamanya, memiliki aroma serta citarasa yang berbeda.

Kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di tanah air serta digunakan di beberapa kedai kopi.

Tapi, apakah kalian semua sudah paham ke-khas-an dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang bentuk butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit akan tetapi memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan juga seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang harum semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran nilainya pula jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Nusantara yakni kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak muncul yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Kios Coffee Maker Di Teluk Betung Selatan, Bandar Lampung


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun masa ini di berbagai belahan bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga tahan penyakit dan hama.

Adapun ciri khas setidaknya eksplisit ialah taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, namun sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam setahun, perihal ini karna ditanam di hawa rendah, maka dapat lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, pun beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengenal serta merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya makin banyak warung kopi yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabika.
Meski seperti itu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah membaca artikel dalam halaman Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Kios Coffee Maker Di Teluk Betung Selatan, Bandar Lampung, moga-moga bermanfaat.

0 comments